PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DI KELAS III SDN 1 KEDUNGSARI

Nugraheni, Tanty (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DI KELAS III SDN 1 KEDUNGSARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemapuan dalam berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran attention,relevance,cofidence,satisfaction di kelas III SD N 1 Kedungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Kedungsari yang berjumlahb 36 siswa. Teknik dalam pengumpilan data menggunakan tes dan observasi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 73,94% meningkat pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan 86,33%. Tanggung jawab siswa pada siklus 1 rata-rata indikator sebesar 54,71% dan siklus 2 sebesar 85,43%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD 1 Kedungsari. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, model attention, relevabce, confidence, satisfaction (ARCS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:48
Last Modified: 13 Feb 2018 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item