PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS III SD NEGERI DOMBO SAYUNG

Iftitah, Hanik (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS III SD NEGERI DOMBO SAYUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas III SDN Dombo Sayung, menunjukkan bahwa kerja keras siswa masih kurang. Hal tersebut terbukti dengan kurangnya kesungguhan dan sering mengeluh dalam mengatasi berbagai hambatan ketika belajar, selain itu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa masih dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Word Square di kelas III SDN Dombo kecamatan Sayung Demak. Subyek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan sikap kerja keras yang terjadi pada siswa dengan ketuntasan klasikal 80% kriteria baik pada siklus I dan ketuntasan klasikal 93,33% kriteria sangat baik pada siklus II. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 76% kriteria baik dengan rata-rata kelas 73, sedangkan pada siklus 2 memperoleh ketuntasan klasikal 86% kriteria baik sekali dengan rata-rata kelas 83. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPS kelas III SDN Dombo Sayung. Kata Kunci: Kerja keras, Prestasi belajar, Model pembelajaran Word Square

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item