Nurjanah, Faridatun (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS Vb SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (895kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilaksanakan di kelas V SDN Gebangsari 01 menunjukan motivasi siswa kurang dan keterampilan menulis karangan narasi siswa terbilang rendah. Dengan demikian dilakukan tindakan penlitian dengan menggunkan model Quantum Teaching yang bertujuan untuk meningktkan motivasi belajar siswa, dan meningkatkan keterampilann menulis karangan narasi dapat meningkat dengan mengan menerapkann model pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakann kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuann dan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb SDN Gebangsari 01 yang berjumlah 39 siswa. Teknik penggumpulan data menggunakann teknik non tes yaitu lembar unjuk kerja, lembar angket, lembar observasi aktivitas siswa guru dan aktivitas siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I kesiklus II. Pada siklus satu dengan jumlah skor 1627 dengan rata-rata 67,78 dan presentase sebesar 70%. Kemudian pada sikus kedua dengan jumlah skor 2003 dengan rata-rata 80,60 dan presentase 86%. Peningkataan keterampilan karangan narasi siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus pertamaa dengan jumlah nilai 423 dan presentase siswa yangg mendapat nilai baik dan sangat baik sebesar 68% kemudian pada siklus ke dua dengan jumlah nilai 503 danpresentase nilai siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik sebesar 81%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa diterapkanya model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivsi belajar siswa dannketeramplan menulis karangan narasi mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas Vb SDN Gebangsari 01 tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Motivasi, Keterampilan menulis karangan narasi, Model pembelajaran Quantum Teaching
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10171 |
Actions (login required)
View Item |