Yanti, Dwi Rahma (2017) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL HABIT FORMING DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 01 JATINGARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (859kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan karena masih kurang prestasi belajar dan ketrampilan menulis siswa di kelas IV dengan mata pelajaran Bahas Indonesia, ketika proses pembelajaran berlangsung daya tangkap siswa masih kurang. Selain itu minat belajar siswa juga sedikit berkurang, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model habit forming dengan menggunakan media gambar yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui materi karangan deskripsi dan ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa melalui model pembelajaran habit forming dengan menggunakan media gambar di kelas IV SD Negeri 01 Jatingarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatingarang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang meliputi soal evaluasi dan lember kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dan presentase siswa yang mendapatkan nilai baik dan sangat baik 62,85% kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 dan presentase nilai siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 77,14%. Dengan menggunakan model pembelajaran habit forming dan media gambar ketrampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan sangat baik. Kata Kunci : Ketrampilan menulis karangan deskripsi, model pembelajaran Habit Forming, media gambar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10164 |
Actions (login required)
View Item |