PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN KEBONSARI 01 DEMPET

Nugroho, Bagus Setio (2017) PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN KEBONSARI 01 DEMPET. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dikelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dapat melalui teknik tes dan teknik non-tes. Adanya peningkatan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus pertama cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 62% dengan kriteria baik. Pada siklus kedua cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus pertama prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 61,90%. Pada siklus kedua prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 85,71%. Dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS di kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Kata Kunci: Cinta Tanah Air, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Open Ended Problems, media Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item