MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI KARASGEDE

WATINI, WATINI (2017) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI KARASGEDE. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran Pkn melalui model Index Card Match di kelas IV SDN Karasgede, kecamatan lasem, kabupaten rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Karasgede yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukan dalam setiap siklusnya pada sikap tanggung jawab siswa siklus I pertemuan I diperoleh 4 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 18,18%, siklus I pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 81,82%, siklus II pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 86,36%, siklus II pertemuan II diperoleh 2 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 90,91%. Hasil penelitian prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai pada siklus I 1420 dengan klasikal ketuntasan prestasi 63,63% dengan nilai rata-rata kelas 64,54, pada siklus II prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai 1810 dengan klasikal ketuntasan prestasi 86,36% dengan nilai rata-rata kelas 82.27. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : tanggung jawab, prestasi belajar, Pkn, Model pembelajaran Index Card Match

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item