KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANGGONO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI

Fatmawati, Widi (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANGGONO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan matematika yang mutlak dimiliki siswa. Model pembelajaran dan kurang variatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran menyebabkan siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model pembelajaran RME yang dikombinasikan dengan media pembelajaran Wayanggono, yaitu suatu media pembelajaran edukatif untuk membantu siswa memahami materi trigonometri lebih baik lagi sebagaimana tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods) dengan metode primer yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode sekunder yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK NU Kunduran tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random), terpilih kelas XB2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran RME yang dikombinasikan dengan media wayanggono dan kelas XB1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, yaitu ekspositori, serta kelas X.B3 ialah kelas uji coba, serta beberapa siswa sebagai subjek penelitian dari segi metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan validasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata dan uji kelinieran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X SMK NU Kunduran pada kelas eksperimen mencapai KKM 75 pada pokok bahasan perbandingan trigonometri dengan hasil rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa sebesar 81,09.(2). Rata–rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerima pembelajaran RME dan Wayanggono lebih tinggi yaitu sebesar 81,09 daripada rata – rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerima pembelajaran konvensional dengan rata-rata sebesar 76,82.(3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara karakter cinta budaya lokal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep trigonometri yang diterapkan dengan pendekatan RME dan Wayanggono. Hasil rata-rata karakter siswa terhadap budaya lokal sebesar 72,69. Hal itu dapat diartikan nilai karakter siswa cinta budaya lokal cukup tinggi. Dengan persamaan regresi = 38,370 . (4). Siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan RME dan wayanggono dapat mengetahui dan memahami tentang kearifan lokal setempat lebih baik. Wawasan mereka dan kepedulian mereka menjadi lebih tinggi. Media pembelajaran wayanggono dapat membantu mereka memahami konsep materi trigonometri menjadi lebih baik dan memberikan pengaruh atas bertambahnya wawasan kearifan lokal wayang. Kata Kunci : RME, Wayanggono, Pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item