Alimuddin, Rahmat (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATEMATIS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Efficacy. Self Efficacy setiap siswa pastilah berbeda sehingga berpikir kritis yang dilakukan siswa juga berbeda. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan self efficacy siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa SMP ditinjau dari self efficacy siswa. Kemampuan berpikir kritis memiliki 6 kecakapan yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi,eksplanasi dan regulasi diri Self Efficacy memiliki 3 komponen, yaitu tingkat kesulitan tugas, kekuatan keyakinan serta Generalitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Wonggeduku ditinjau dari self efficacy matematis pada pokok bahasan prisma. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Wonggeduku tahun pelajaran 2017/2018. Data yang digunakan adalah rekaman hasil wawancara, dan hasil tes. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan tes. Hasil penelitan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis bagi siswa dengan self efficacy tinggi mampu melalui tahapan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi dengan baik. Kemampuan berpikir kritis bagi siswa dengan self efficacy sedang mampu melalui tahapan interpretasi, analisis dan evaluasi dengan baik, tetapi tidak mampu melalui tahapan inferensi dengan baik. Kemampuan berpikir kritis bagi siswa dengan self efficacy rendah mampu melalui tahapan interpretasi dengan baik, tetapi tidak mampu melalui tahapan analisis, evaluasi dan inferensi dengan baik. Perlu diadakan penelitian serupa lebih lanjut dengan mengambil wilayah penelitian yang lebih luas, sampel yang lebih banyak dan menggunakan rancangan penelitian yang lebih kompleks sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih optimal. Perlu diadakan penelitian yang serupa terhadap subjek penelitian dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut pakar lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10128 |
Actions (login required)
View Item |