KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Diana, Ayu Nur (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)

Abstract

Kata Kunci : Pair Check Berbasis Time Token Arends, Kemampuan Komunikasi Matematis, Segiempat. Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran untuk mengasah kemampuan komunikasi matematis antara lain Pair Check berbasis Time Token Arends. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Pair Check berbasis Time Token Arends efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis apabila (1) terdapat pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pokok bahasan segiempat; (2) rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis mencapai KKM 72; (3) rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis lebih baik dari pembelajaran Reciprocial Learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Terpilih kelas VII A sebagai kelas ekperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, materi dalam bentuk tes, metode penyusunan tes, tes kemampuan komunikasi matematis meliputi uji t satu sampel, uji t dua sampel, dan uji regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pair Check berbasis Time Token Arends dikatakan efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis karena beberapa hal : (1) hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh skor aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis yakni sebesar 69,2% serta dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂=42,672+0,469x; (2) hasil one sample t-test diperoleh nilai mean sebesar 79,61 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 yang berarti rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa mencapai ketuntasan yaitu 72; dan (3) hasil Independent t-test menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 79,61 lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol sebesar 74,1 dengan selisih sebesar 5,51. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check berbasis Time Token Arends efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item