PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG

Huda, Ainul Ibnu Niam (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: menulis teks negosiasi, model pembelajaran group investigation. Keterampilan menulis teks negosiasi merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di kelas X IIS 3 SMA N 2 Rembang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X IIS 3 SMA N 2 Rembang masih kurang. Hal tersebut disebabkan siswa belum memahami secara benar tentang teks negosiasi dan siswa kurang menyukai pembelajaran menulis teks negosiasi karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa, sikap belajar siswa, dan motivasi belajar siswa dalam materi menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam bentuk tindakan proses pembelajaran siklus, dimana didalam penelitian ini terdapat tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian didapat dari hasil tes dan nontes. Teknik tes digunakan instrumen untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi. Teknik nontes digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1)keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X IIS 3 SMA N 2 Rembang setelah mengikuti pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model pembelajaran Group Investigation mengalami peningkatan. Peningkatan ini terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 64,83. Pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 76,54. Pada siklus III diperoleh hasil rata-rata 87,97. Peningkatan terjadi pada setiap siklusnya hingga mencapai hasil yang maksimal pada siklus III yang termasuk dalam kategori sangat baik dan sudah melampaui KKM yaitu 70,0. 2) Sikap belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada sikap siklus I sebesar 57,97% pada siklus II meningkat menjadi 66,09% dan pada siklus III meningkat menjadi 69,31%. 3) motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I sebesar 60,38%, pada siklus II meningkat menjadi 75,93%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi menulis menulis teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:40
Last Modified: 13 Feb 2018 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item