PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU KULON

Maulidah, Zulfa (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU KULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual kelas V SDN Bangetayu Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Teknik penilaian data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase klasikal 79,06% dan pada siklus I kriteria rasa ingin tahu belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria sangat baik dengan persentase klasikal 93,01%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,02 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,09% meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 88,55 dan persentase ketuntasan klasikal 88,37% berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Pkn kelas V SDN Bangetayu Kulon. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:47
Last Modified: 19 Jan 2018 04:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item