PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI METODE BAMBOO DANCING DI KELAS III SD NEGERI NGALIYAN 05

Nihayati, Novi (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI METODE BAMBOO DANCING DI KELAS III SD NEGERI NGALIYAN 05. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep mata pelajaran matematika melalui metode pembelajaran Bamboo Dancing di kelas V SDN Ngaliyan 05, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Ngaliyan 05 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I angket kreativitas diperoleh persentase 60,06% dengan kategori cukup kreatif, pada siklus II diperoleh 86,22% dengan persentase sangat kreatif. Pemahaman konsep pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 60,67%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 89,74%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode Bamboo Dancing dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep di kelas III SDN Ngaliyan 05. Kata Kunci: Kreativitas, Pemahaman Konsep, Metode Bamboo Dancing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:33
Last Modified: 17 Jan 2018 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item