MODEL PENINGKATAN INOVASI BERBASIS ORIENTASI PASAR, KNOWLEDGE SHARING DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA BISNIS INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN PATI

Umam, Choirul (2017) MODEL PENINGKATAN INOVASI BERBASIS ORIENTASI PASAR, KNOWLEDGE SHARING DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA BISNIS INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasipasar, knowledge sharing dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja bisnis dengan variabel inovasi sebagai variabel intervening pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Populasi yang digunakan adalah pemilik/pengusaha pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati sebesar 162 orang. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner secara langsung kepada para pemilik dan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 66 responden Alat analisisnya adalah path analysis dengan program SPSS, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa orientasi pasar knowledge sharingdan orientasi pembelajaran terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi dan kinerja bisnis. Inovasi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis, dapat diartikan bahwa semakin pemilik/pengusaha mampu menciptakan inovasi produk baru, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis yang dihasilkan. Inovasi mampu menjadi variabel intervening antara orientasi pasar dengan kinerja bisnis, artinya semakin tinggi orientasi pasar, maka pemilik/pengusaha dapat mengetahui, memahami serta menjawab kebutuhan maupun harapan dari pelanggan, sehingga pemilik/pengusaha dapat menciptakan inovasi produk baru dalam meningkatkan kinerja bisnis.Inovasi tidak mampu menjadi variabel intervening antara knowledge sharing dengan kinerja bisnis. Inovasi mampu menjadi variabel intervening antara orientasi pembelajaran dengan kinerja bisnis, dapat diartikan semakin tinggi pemilik/pengusaha mempunyai kemampuan untuk belajar, maka akan semakin bertambah pengetahuan atau wawasan baru sehingga akan dapat menciptakan inovasi produk baru sehingga mampu meningkatkan kinerja bisnis Kata Kunci : Orientasi pasar, knowledge sharing, orientasi pembelajaran, inovasi dan kinerja bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:18
Last Modified: 09 Jan 2018 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9172

Actions (login required)

View Item View Item