ANALISIS SEMIOTIKA KRITIS IKLAN INDOESKRIM NUSANTARA VERSI “KISAH LEGENDA NUSANTARA”

Khoiruddin, Ahmad (2017) ANALISIS SEMIOTIKA KRITIS IKLAN INDOESKRIM NUSANTARA VERSI “KISAH LEGENDA NUSANTARA”. Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
5.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Iklan Indoeskrim Nusantara yang diunggah di Internet memiliki peran komunikasi untuk memperkenalkan produknya melalui jalan cerita dikemas berbentuk video. Cerita yang diperagakan melalui video dan diunggah melalui internet memiliki simbol-simbol yang harus dimaknai penontonnya. Pesan yang disampaikan memiliki dampak tertentu pada penonton khususnya yang menjadi target utama pemasaran produk yang diiklankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan dan penggunaan simbol-simbol yang digunakan dalam iklan. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian ini adalah iklan Indoeskrim Nusantara versi “Kisah Legenda Nusantara. Batasan penelitian ini adalah denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis dan interpretasi data memfokuskan pada teks, gambar, suara dan animasi. Proses analisis penelitian meliputi aktivitas reduksi data, penataan data, dan verifikasi data. Pemerolehan kualitas data berasal dari letak historis. Hasil penelitian ini adalah bahwa iklan Indoeskrim Nusantara memiliki makna denotasi iklan tersebut memiliki latar tempat perbatasan hutan Majapahit dan ruang singgasana raja, latar suara musik pentatonik jenis pelog. Karater tokoh yang diperankan adalah raja, ratu, pangeran, putri, dan prajurit. Penguatan karakter diperlihatkan melalui aksesoris yang digunakan oleh pemain. Penggunaan teknik pengambilan gambar digunakan untuk menciptakan ketegangan situasi. Penggunaan pergerakan kamera digunakan untuk menciptakan ketertarikan pada tokoh, ekplorasi ekspresi dan perhatian pada sudut pandang. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, dan pakaian yang digunakan adalah batik khas Indonesia. Konotasi yang terdapat dalam iklan adalah penggunaan properti yang menyimbolkan era kerajaan Majapahit dan penggunaan barang-barang era sekarang menyimbolkan iklan memiliki makna tradisional yang kekinian. Penggunaan nada-nada pentatonik pelog yang menghentak-hentak memperkuat nuansa khas tradisional Indonesia, properti berbahan emas memiliki makna simbol keabadian, yang langka dan sangat berharga, bisa digunakan sebagai obat dan sebagai simbol kekayaan dan kekuasaan, juga loyalitas atas budaya sesuatu yang bisa dibanggakan dan pantas untuk dipakai maupun dikonsumsi. Mitos di dalam iklan adalah sesuatu yang menarik dan istimewa yang merupakan warisan budaya Nusantara. Produk membuat konsumen tertarik dan mencobanya. Konsumen produk adalah semua kalangan yang lebih menguasai penggunaan internet dan memegang gaya hidup kekinian. Dalam iklan terdapat adegan kekerasan yang memiliki dampak negatif bagi moral penonton terutama anak-anak. Kata Kunci : Internet, Media, Pesan, Budaya Nusantara

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Dec 2017 05:04
Last Modified: 21 Dec 2017 05:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item