PENINGKATAN DISIPLIN DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN WATES 01

Widyono, Dwi Noviyanto (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN WATES 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dikarenakan keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu disiplin siswa yang masih rendah. Hal tersebut karena kurangnya inoasi guru dalm proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SDNegeri Wates 01Kecamatan NgaliyanKota Semarang pada kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Reading Guidebertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan karakter disiplin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif. Penelitian dilaksanakan pada 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja,angket dan observasi. Pada siklus I disiplin mendapat persentase 65,83 % dengan kriteria baik. Pada siklus II disiplin mendapat persentase 89,53% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa siklus I persentase ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 66,67% dan siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai 88, 88%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reading Guidedapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan karakter disiplin siswa di kelas IV SDNegeri Wates 01. Kata Kunci: Membaca, Karakter, Disiplin, Model pembelajaran Reading Guide

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:44
Last Modified: 24 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item