Rizqi, Hesti Yunitiara (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (980kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (933kB) | Preview |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
Abstract
Kata Kunci :Think Pair and Share, Kemampuan Penalaran,Segiempat. Kemampuan penalaran merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah. Kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika sangatlah dibutuhkan karena dengan kemampuan bernalar, siswa dapat menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar serta siswa dapat mengambil kesimpulan dari soal yang telah dikerjakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh aktivitas pada pembelajaran TPS terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen pokok bahasan segiempat; 2) pengaruh motivasi pada pembelajaran TPS terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen pokok bahasan segiempat; 3) pengaruh aktivitas dan motivasi pada pembelajaran TPS terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen pokok bahasan segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangawen tahun pelajaran 2015/2016 semester genap. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII D sebagai kelas ekspeimen dan VII E sebagai kelas uji coba. Variabel bebas penelitian pada jenis model yaitu pembelajaran aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam Think Pair and Shareserta kemampuan penalaran sebagai vaiabel terikat. Pengumpulan data dengan metode observasi (pengamatan), angket, dokumentasi, dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji normalitas, uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil aktivitas siswa terhadap kemampuan penalaran siswa diperoleh kelas eksperimen sebesar 98,7% yang berarti aktivitas siswa pada pembelajaran Think Pair and Share berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa; 2) hasil motivasi siswa terhadap kemampuan penalaran siswa diperoleh kelas eksperimen sebesar 98,2% yang berarti motivasi siswa pada pembelajaran Think Pair and Share berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa; 3) adanya pengaruh aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Think Pair and Sharesecara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran siswa dan dapat disajikan dalam model persamaan regresiY = 3,763 + 0,595X1 + 0,359X2. Pembelajaran Think Pair and Share dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa, aktivitas dan motivasi siswa dalam bernalar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:16 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 04:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7076 |
Actions (login required)
View Item |