Pratiwi, Febri Hani (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LKS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci :Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah. Kemampuan memecahkan masalah sangat didorong oleh kebutuhan bagi siswa untuk mempersiapkan diri untuk karir yang membutuhkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam kelompok dan menerapkan keterampilan proses dalam pemecahan masalah mereka di situasi sosial. Sehingga di dalam kehidupan sehari-hari siswa sudah terbiasa untuk memecahkan masalah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Treffinger pada pokok bahasan segitiga memenuhi KKM 75; 2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah sisiwa pada pembelajaran Treffinger pada pokok bahasan segitiga lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran konvensional; 3) Adanya pengaruh keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran Treffinger pada pokok bahasan segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 semester genap. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII C sebagai kelas ekspeimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian pada jenis model yaitu pembelajaran Treffinger dan pembelajaran konvensional serta kemampuan pemecahan masalah sebagai vaiabel terikat. Pengumpulan data dengan metode observasi (pengamatan), dokumentasi, dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu sampel, uji t dua sampel dan uji regresi linear sederhana. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil One sample T-Test diperoleh nilai mean kelas eksperimen sebesar 81,26 yang berarti kemampuan pemecahan masalah pembelajaran Treffinger berbantuan LKS memenuhi KKM 75; 2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 81,26 dan kelas kontrol sebesar 74,89, menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah pembelajaran Treffinger berbantuan LKS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah pembelajaran konvensional; 3) adanya pengaruh keterampilan poses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu sebesar 79,1% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂=-45,374+1,423 x. Pembelajaran Treffinger dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta keterampilan proses siswa dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 04:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 04:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6366 |
Actions (login required)
View Item |