PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN STRATEGI SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI OPERASI HIMPUNAN

Zikir, Al (2016) PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN STRATEGI SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI OPERASI HIMPUNAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Kata Kunci : TAI, SSCS, Pendidikan Karakter, Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah.Hal itu sangat relevan dengan kehidupan setiap individu manusia dalam kehidupan sehari-hari yang sejatinya selalu berhadapan dengan masalah. Kemampuan individu dalam memecahkan masalah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah nilai pendidikan karakter. Pada dasarnya kecerdasan emosional sangat mempengaruhi kecerdasan akademik individu sehingga kecerdasan yang berkarakter menjadi tujuan yang sangat penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 20 Semarang yang dikenai model pembelajaran TAI dengan strategi SSCS berbasis pendidikan karakter dapat mencapai kategori baik yaitu 75 pada pokok bahasan operasi himpunan; (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran TAI dengan strategi SSCS berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaran TPS berbasis pendidikan karakter; (3) Apakah terdapat pengaruh nilai pendidikan karakter pada model pembelajaran TAI dengan strategi SSCS berbasis pendidikan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Pada penelitian ini dipilih secara acak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran TAI dengan strategi SSCS berbasis pendidikan karakter dan kelas VII E sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran TPS berbasis pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, motode pengamatan dan metode tes. Data dikumpulkan dan kemudian dilakukan pengujian. Pengujian data meliputi uji sampel, uji instrumen tes dan uji hipotesis penelitian. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji t satu sampel, uji t dua sampel dan uji regresi linear sederhana. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil One sample T Test diperoleh nilai mean sebesar 80,43 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,004 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai kategori baik yaitu 75; (2) meankemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (3) Adanya pengaruh nilai pendidikan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 64,1 % dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂ = - 63,771 + 1,757 x. Penggunaanmodel pembelajaran TAI dengan strategi SSCS berbasis pendidikan karakter dapat digunakan guru sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:27
Last Modified: 27 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item