ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATEMATIS

Jago, Sulhijah (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATEMATIS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Self Efficacy. Self Efficacy setiap siswa pastilah berbeda sehingga penalaran matematis yang dilakukan siswa juga berbeda. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan self efficacy siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMA ditinjau dari self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaan matematis siswa kelas XI ipa SMA Negeri 6 Semarang ditinjau dari self efficacy matematis pada sub pokok materi uji hipotesis. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Data yang digunakan adalah rekaman hasil wawancara, dan hasil tes, serta hasil angket self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan non tes. Hasil penelitan menunjukan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi: (1)mampu menyajikan apa yang diketahui pada soal;(2) mampu melakukan manipulasi; (3) dapat mengajukan dugaan; (4) mampu memeriksa argumen dengan tepat (5) mampu menentukan pola dengan menggunakan rumus uji statistik dengan benar; (6) mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya. Kemampuan penalaran matematis bagi siswa dengan self efficacy sedang: (1) mampu menyajikan apa yang diketahui pada soal; (2) mampu melakukan manipulasi; (3) dapat mengajukan dugaan; (4) mampu memeriksa argumen dengan tepat; (5) mampu menentukan pola dengan menggunakan rumus uji statistik dengan benar; (6) mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya. Kemampuan penalaran matematis bagi siswa dengan self efficacy rendah: (1) mampu menyajikan apa yang diketahui pada soal; (2) tidak mampu melakukan manipulasi; (3) dapat mengajukan dugaan; (4) tidak mampu memeriksa argumen dengan tepat; (5) mampu menentukan pola dengan menggunakan rumus uji statistik dengan benar; (6) tidak mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya. Meningkatkan Kemampuan penalaran matematis siswa, hendaknya guru tidak hanya memperhatikan siswa yang memiliki self efficacy tinggi dan siswa yang memiliki self efficacy sedang melainkan selalu memperhatikan juga siswa yang memiliki self efficacy rendah, dimana guru harus lebih memberikan perhatian dalam membimbing agar siswa tidak merasa putus asa untuk mencoba terus dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis, serta melaksanakan pembelajaran inovatif dengan metode pengajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:20
Last Modified: 26 Sep 2016 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item