KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Yuniawati, Nur (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB V Simpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Kata kunci : Problem Based Learning, karakter Islami, keaktifan belajar, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran aritmatika sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning berkarakter islami terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kritis pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dimana subjek penelitiannya adalah siswa MTs Negeri 2 Semarang kelas VII Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes dan lembar angket. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kemampuan Berpikir Kritis dan lembar angket keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan uji regresi dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi menunjukkan nilai sig 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada kelas yang dikenai model Problem Based Learning berkarakter Islami. Uji One Sample T-Test aspek kemampuan berpikir kritis siswa 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, berarti Ho ditolak yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis lebih dari nilai KKM secara individual yaitu 75. Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti bahwa kedua kelas memiliki mean yang tidak sama. Karena mean kelas eksperimen lebih besar dari mean kelas kontrol, maka penggunaan model Problem Based Learning berkarakter Islami lebih baik dari pada model konvesional. Hasil Problem Based Learning berkarakter Islami pada materi aritmatika sosial memberikan hasil positif terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan model Problem Based Learning berkarakter Islami sebagai alternatif pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:19
Last Modified: 26 Sep 2016 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item