PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN MUKTIHARJO LOR

Basa, Muhammad Faizul Haq Said (2021) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (404kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
34301400557_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada siswa yaitu motivasi dan hasil belajar pada materi Tema 7 Subtema 3 muatan IPA. Rendahnya tingkat motivasi dan hasil belajar dikarenakan kurangnya pemanfaatan metode pembelajaran di Sekolah Dasar terutama mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Muktiharjo Lor yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan prestasi pada siklus I sebanyak 76% dengan kriteria motivasi baik sedangkan siklus II bertambah menjadi 83% dengan kriteria motivasi belajar siswa sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I sebanyak 63%, sedangkan pada siklus II bertambah menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:51
Last Modified: 29 Jun 2022 07:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item