HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIF PADUAN SUARA FIRDAUS CHOIR UNISSULA

Putri, PutriRahaningtyas Wira Kencana (2021) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIF PADUAN SUARA FIRDAUS CHOIR UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
S1 Psikologi_30701501729_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara manajemen waktu dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa aktif pada paduan suara Firdaus Choir Unissula. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang masih aktif di Paduan Suara Firdaus dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis pertama, sedangkan pengujian hipotesis kedua dan ketiga menggunakan teknik korelasi parsial dibantu dengan program SPSS. Berdasarkan hasil regresi ganda diketahui nilai R = 0,560 serta nilai Fhitung = 16,480 dengan taraf signifikansi p =0,000 (p < 0, 01). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Hasil analisis hipotesis pertama memperlihatkan manajemen waktu dan motivasi belajar bersamaan mempunyai sumbangan efektif dengan besar 31.4 % terhadap variabel prestasi akademik mahasiswa. Kemudian untuk yang 68,6 % pengaruhnya yaitu beberapa faktor diluar penelitian ini seperti jenis teman sebaya, pengaruh keluarga dan orang tua, dan keluarga. Setelah melakukan uji korelasi parsial dapat dilihat nilai rx1y= 0.420 dengan p = 0,000 (p< 0,01). Hasil tersebut memperlihatkan jika ada hubungan positif antara variabel manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara pengajuan hipotesis berarti hipotesis di penelitian ini diterima. Hasil analisis hipotesis kedua dapat dilihat jika variabel manajemen waktu memiliki sumbangan efektif sebesar 17,6 % terhadap variabel prestasi akademik Setelah melakukan uji korelasi parsial terlihat nilai rx2y = 0,264 dengan p = 0,022 (p< 0,05). Hasil tersebut menyatakan adanya hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi akademik. Kata Kunci: manajemen waktu, motivasi belajar, prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:15
Last Modified: 27 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item