YUDA, ALIF PUTRA (2021) PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE UNTUK MEMINIMASI WAKTU TUNGGU INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
S1 Teknik Industri_31601501068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
S1 Teknik Industri_31601501068_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam kehidupan manusia aspek kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling utama yang harus diperhatikan. RSUD Ungaran sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien wilayah Kabupaten Semarang dituntut untuk meningkatkan pelayanan guna memberikan kepuasan pada pasiennya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi waste yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan beserta penyebabnya sehingga dapat dilakukan perancangan usulan perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Instalasi Farmasi RSUD Ungaran menerapkan standar waktu pelayanan yang telah ditetapkan pemerintah dalam surat Kepmenkes No.129/Menkes/SK/II/2008, standar waktu pelayanan resep obat jadi tidak lebih dari 30 menit dan waktu pelayanan obat racikan tidak lebih dari 60 menit. Berdasarkan indikator waktu pelayanan resep obat di farmasi rawat jalan, waktu tunggu pelayanan adalah waktu yang diperlukan mulai pasien menyerahkan resep ke loket penerimaan resep hingga pasien menerima obat. Diketahui pada Instalasi farmasi RSUD Ungaran waktu pelayanan resep obat jadi lebih dari 30 menit yaitu 56.1 menit, dan resep obat racik tidak lebih dari 60 menit yaitu 39 menit. Peneliti tertarik untuk meneliti kegiatan yang terjadi pada waktu tunggu pelayanan resep obat jadi karna berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Lamanya waktu tunggu pelayanan terdapat aktivitas yang tergolong dalam pemborosan diidentifikasi dengan penerapan lean healthcare, value stream mapping serta root cause analysis dengan usulan perbaikan dengan rappid process improvement workshop (hanya sampai tahap planning). Terdapat 7 jenis waste yaitu transportation, inventory, motion, waiting, over processing, defect dan human potential. Waste kritis dengan perhitungan metode Borda adalah waiting 0,188, transportation 0,164, motion 0,171, dan inventory 0,132. Dengan nilai process cycle efficiency sebesar 9%. Diketahui akar penyebab pemborosan pada waiting karena adanya double job, lamanya proses input data pasien pada komputer, pada transportation disebabkan jarak antar meja yang berjauhan, pada motions disebabkan karena proses mengurutkan nomor antrean agar sesuai urutan, dan pada inventory disebabkan adanya tumpukan plastik ziplock pada meja bagian dispensing. Kemudian diusulkan menggunakan rapid process improvement workshop dengan perhitungan workload indicator staff need yaitu menambahkan 1 petugas pada penerimaan resep, 1 petugas pada bagian etiket, dan 1 petugas pada bagian penyerahan obat, mengadakan intercom tiap departemen dan menambahkan informasi secara visual pada instalasi farmasi rawat jalan. Setelah dilakukan pembuatan future state mapping dan diketahui presentase process cycle efficiency menjadi 17%. Kata Kunci : Lean Healthcare, Instalasi Farmasi, Value Stream Mapping, Root Cause Analysis, Rappid Process Improvement Workshop, Workload Indicator Staff
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:23 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23100 |
Actions (login required)
View Item |