STRATEGY OF CREATING COMPETITIVE ADVANTAGE THROUGH PRODUCT INNOVATION AND SOCIAL MEDIA IN IMPROVING MARKETING PERFORMANCE OF BATIK SME’S

Wahyudi, Eko (2021) STRATEGY OF CREATING COMPETITIVE ADVANTAGE THROUGH PRODUCT INNOVATION AND SOCIAL MEDIA IN IMPROVING MARKETING PERFORMANCE OF BATIK SME’S. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900011_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan social media terhadap kinerja pemasaran dalam UMKM Batik yang di moderasi dengan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan jenis metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 114 UMKM Batik yang berada di wilayah Jawa Tengah yang meliputi Kota Semarang, Kota Solo, Kota Pekalongan dan Kabupaten Rembang yang merupakan kluster batik cukup berkembang pesat. Sample diambil secara khusus yang memiliki kriteria beroperasi minimal dua tahun, memiliki akum mendia sosial dan bertindak selaku pengrajin dan penjual. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data primer diperoleh dengan cara wawancara tatapmuka secara langsung kepada pemilik UMKM Batik serta penggunaan google form yang disebar melalui WhatsApp untuk menyebarkan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan software SPSS 18. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Inovasi Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, social media berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, Keunggulan bersaing secara positif signifikan berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran. Dengan kesimpulan bahwa inovasi produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap kinerja pemasaran melalui jalur moderasi keunggulan bersaing dibandingkan jalur secara langsung. Kata kunci: UMKM, Inovasi Produk, Sosial Media, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:16
Last Modified: 02 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item