Implementasi Metode At-Tibyan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’ān Anak Usia Dini di TAUD SAQU ( Tahfidz Al-Qur’ān Anak Usia Dini Sahabat Qur’āni ) Nurussunnah di Kecamatan Tembalang Kota Semarang

HAMDI, MUHAMMAD NURSIDIN (2021) Implementasi Metode At-Tibyan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’ān Anak Usia Dini di TAUD SAQU ( Tahfidz Al-Qur’ān Anak Usia Dini Sahabat Qur’āni ) Nurussunnah di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501700019_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas metode at-Tibyan terhadap kemampuan membaca anak TAUD SAQU Nurussunnah Tembalang Semarang, disamping itu untuk memcermati perencanaan dan sintak dari metode at-Tibyan. Metode yang dilakukan pada Penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Obyek pada penelian ini adalah kepala sekolah, guru-guru dan para walisiswa. Adapun hasil hari penelitian ini adalah Guru/ustdzah pengajar metode at-Tibyan disamping mengetahui penerapan metode, mereka juga diharuskan membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tahfidz. Kemudian Metode At-Tibyan yang diterapkan di TAUD SAQU Nurussunnah memiliki 3 tahapan atau sintak yaitu : Tahdir, tamkin dan murojaah. Tahdir adalah guru membaca langsung keseluruhan materi, sementara murid mendengarkan. Kemudian, “Tamkin adalah pemberian materi baru dan murojaah adalah mengulang materi lama. Dan Metode at-Tibyan terbukti menghantarkan prestasi siswa TAUD SAQU Nurussunnah di bidang qiro’atul Qur’an, disamping dan membaca al-Qur’ān dengan fasih, hafal do’a-do’a harian dan hafal 2 hingga 3 juz dan memiliki adab dan kebiasaan belajar yang baik. Kata kunci : Metode at-Tibyan, membaca al-Qur’ān , Implementasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:58
Last Modified: 02 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item