PEMBENTUKAN KLASTER DAYA TARIK OBYEK WISATA BERDASARKAN CITY BRANDING KOTA SURAKARTA

YULIARIS, NAFIATUS MIRANDA (2021) PEMBENTUKAN KLASTER DAYA TARIK OBYEK WISATA BERDASARKAN CITY BRANDING KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (558kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (513kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (629kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
31201700044.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kota Surakarta memiliki karakteristik dan ciri khas yang terdapat pada beberapa bangunan atau kawasan yang berpotensi menjadi obyek wisata dan dikembangkan sebagai identitas dalam membangun citra positif dari kota ini, gambaran identitas Kota Surakarta dapat dilihat dari beberapa bangunan yang memiliki nilai budaya dan sejarah sesuai branding Kota Surakarta “Solo, The Spirit of Java” yang memiliki makna jiwanya Pulau Jawa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui obyek wisata berdasarkan city branding Kota Surakarta dan mengelompokan berdasarkan kesamaan karakteristiknya. metode kuantitatif digunakan sebagai metode pada penelitian ini dengan teknik analisis kluster hirarki. Hasil dari penelitian ini didapatkan tujuh obyek wisata berdasarkan city branding Kota Surakarta yang selanjutnya dikelompokan menggunakan analisis klaster berdasarkan kemiripan karakteristiknya dengan hasil Klaster 1 terdapat obyek wisata Keraton Kasunan Surakarta, Klaster 2 terdapat obyek wisata Pura Mangkunegaran dan Taman Sriwedari, Klaster 3 terdapat obyek wisata Benteng Vasternburg, Pasar Gedhe, dan Museum Radya Pustaka, sedangkan Klaster 4 terdapat obyek wisata Kampung Batik Laweyan. Kata Kunci: city branding, The Spirit of Java, Obyek Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:27
Last Modified: 08 Mar 2022 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22262

Actions (login required)

View Item View Item