Kusumaningsih, Denti Wijaya (2021) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (947kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FIK UNISSULA. 59 Halaman + 8 tabel + 2 gambar + 14 lampiran Latar belakang: PBL merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan berkelompok & kolaboratif, terdapat seorang tutor dan skenario sebagai pencetus diskusi. Faktor penting PBL kualitas skenario, kinerja tutor yang berpengaruh terhadap keefektifan diskusi kelompok & berdampak pada pencapaian hasil belajar. Metode: Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner jumlah 95 responden dengan teknik total sampling. Data penelitian diolah menggunakan Uji Pearson. Hasil: Penelitian menunjukkan 86,3% berjenis kelamin perempuan, kinerja tutor dengan kategori baik 84,2%, kualitas skenario dengan kategori cukup baik 63,2%, & keefektifan diskusi dengan kategori baik 51,6%. Pada kineja tutor dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 keeratan hubungan kuat (0,785), serta arah hubungan positif. Pada kualitas skenario dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 dengan keeratan hubungan kuat (0,618) serta arah hubungan positif. Kesimpulan & Saran: Terdapat hubungan kinerja tutor & kualitas skenario terhadap keefektifan diskusi kelompok pada metode belajar PBL di FIK Unissula. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan tutor lebih meningkatkan kinerjanya & mahasiswa ditingkatkan belajarnya agar diskusi berjalan dengan efektif & dapat mencapai keberhasilan belajar. Kata kunci: Keefektifan diskusi kelompok, kinerja tutor, kualitas skenario, PBL Daftar pustaka: 36 (2003-2020)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |