Sa’idatilah, Umi (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VI-C SD BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN (BUQ) BETENGAN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang didukung dengan adanya jaringan internet. Pembelajaran daring mulai diberlakukan secara keseluruhan untuk semua mata pelajaran termasuk al-Qur’an Hadis sejak pandemi Covid-19, tidak terkecuali di SD BUQ Betengan Demak. Keefektifan pembelajaran daring perlu memerlukan penelitian lebih lanjut agar diketahui pengaruhnya terhadap hasil pembelajaran dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dari segi proses dan efektivitas pembelajaran daring dari segi hasil. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: faktor pendukung dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis bagi guru adalah hemat waktu, hemat biaya, adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dengan orang tua, dan adanya tambahan referensi internet, sedangkan bagi peserta didik faktor pendukung yaitu pembelajaran daring lebih efisien, tidak membosankan, dan lebih fleksibel. Selanjutnya terkait faktor penghambat, bagi guru yaitu kesulitan memahami psikologi peserta didik dan kesulitan mengontrol peserta didik, sedangkan bagi peserta didik faktor penghambat yaitu kesulitan saat mengakses Google Form bagi yang tinggal di pesantren, tugas lebih banyak, dan adanya ketergantungan dengan internet. Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring, mata pelajaran al-Qur’an Hadis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:49 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21605 |
Actions (login required)
View Item |