PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MUATAN PKN KELAS III SDN 01 KALANGLUNDO

Pratiwi, Yofi Ninda (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MUATAN PKN KELAS III SDN 01 KALANGLUNDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yofi Ninda Pratiwi. 2021. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap berpikir kritis peserta didik Muatan Pkn di kelas III SDN 01 Kalanglundo, Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I: Yunita Sari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Nuhyal Ulia, S.Pd., M.Pd. Berpikir kritis merupakan kemampuan peserta didik yang mampu memahami konsep, peka akan masalah yang terjadi sehingga dapat memahami dan menyelesaikan masalah, dan mampu mengaplikasikan konsep dalam situasi yang berbeda. Kemampuan ini secara umum dan khususnya di SDN 01 Kalanglundo masih tergolong rendah. Diperlukan suatu kreatifikan dan inovasi guru dalam pembelajaran khususnya dalam menerapkan suatu model dan media pembelajaran. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan melibatkan peserta didik secara aktif di dalam pembelajaran adalah model Discovery Learning berbantuan media Pop-Up Book. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen tepatnya dengan pre eksperimental desaign. Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi 28 diambil sebanyak 26 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pop-up book terhadap berpikir kritis peserta didik di kelas III SDN 01 Kalanglundo, serta untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PKn dengan model discovery learning berbantuan media pop-up book dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di kelas III SDN 01 Kalanglundo. Hasil uji normaitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0,169 Lmaks posttest 0,152 yang nilainya < dari L tabel yaitu 0,180. Uji Hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Lower sebesar -27.12949 dan Upper sebesar -16.71667. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 dan uji hipotesis kedua berupa uji t (One Simple t-test) menunjukkan ada perkembangan dilihat dari thitung bernilai 7,625 dan ttabel bernilai 0,180. Kemudian diperoleh dari data berdistribusi normal dan simpangan baku dengan taraf signifikan 5% dan dk= n-1, thitung > ttabel yaitu 7,625 > 0,180 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, dan Media Pop-Up Book.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:48
Last Modified: 12 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item