IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI

PARAMITA, ARUM (2020) IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Paramita, Arum 2021. Implementasi Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Menganalisis Unsur Pembangun Puisi. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I: Leli Nisfi S, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Evi Chamalah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Metode Student Teams Achievement Division, unsur pembangun puisi. Mencapai tujuan pembembelajaran tidak terlepas dari metode yang diterapkan. Oleh karena itu, metode yang digunakan harus tepat agar peserta didik dapat dengan mudah untuk memahami suatu materi. Untuk mengatasi hal tersebut pendidik harus menyiapkan suatu sistem pembelajaran yang dapat dengan mudah memahami suatu materi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi, (2) mengetahui hasil belajar siswa SMA kelas X dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi. Penelitian ini merupakan peneltian Eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tahap tes, observasi, dokumentasi. Teknik Analisis Data adalah uji sampel berpasangan, uji normalitas dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Setiap siswa di dalam kelompok berperan aktif dan saling memberikan respon untuk pencapaian keputusan bersama terkait dengan unsur–unsur pembangun puisi yang sedang dibahas. 2) Interaksi yang dilakukan antar anggota meningkatkan kepercayaan diri dalam membacakan puisi dan kemampuan dalam menyampaikan pendapat. 3) Pembacaan puisi yang sesuai dengan pemahaman memberikan penghayatan yang tepat sehingga memudahkan setiap anggota kelompok memahami unsur batin puisi. 4) Tutor sebaya dalam metode STAD tidak memberikan gap (celah) yang terlalu besar sehingga memberikan kenyamanan dalam pembelajaran. Adapun faktor di luar penelitian meliputi ketidakseriusan dan ketidakfokusan menjadi salah satu faktor pengganggu utama dalam penerapan metode ini. Meskipun terdapat faktor pengganggu dalam penelitian, pembelajaran dengan metode STAD tetap dapat diimplementasikan dengan baik untuk dalam pembelajaran unsur pembangun puisi. Hasil belajar implementasi metode Student Teams Achievement Devision (STAD) nilai terendah yang didapatkan siswa sebelum diberikan metode pembelajaran adalah 60, nilai tertinggi 100, dan rerata 85,4. Adapun hasil terendah setelah diberikan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) adalah 86, nilai tertinggi 100, dan rerata nilai 97,90 dengan 6 siswa tidak mengalami penurunan ataupun kenaikan hasil sebelum ataupun setelah diberikan metode STAD, dan 14 siswa mengalami kenaikan hasil belajar setelah diberikan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item