HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER (CYBERBULLYING) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI SMK ISLAMIYAH ADIWERNA

Prasetyo, Dony Dwi (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER (CYBERBULLYING) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI SMK ISLAMIYAH ADIWERNA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kematangan emosi dengan perilaku cyberbullying pada siswa sekolah menengah atas pengguna media sosial di SMK Islamiyah Adiwerna. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah kejuruan di SMK Islamiyah Adiwerna berjumlah 380 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel uji coba berjumlah 197 siswa serta sampel penelitian 183 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala. Skala cyberbullying terdiri dari 42 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,922 dan kematangan emosi terdiri dari 21 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,833. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis yang dilakukan diperoleh skor r_xy sebesar = -0,375 serta signifikansi = 0,000 (p < 0,05) yang artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku cyberbullying sehingga hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif dari variabel kematangan emosi terhadap variabel cyberbullying sebesar 14%, artinya kematangan emosi memiliki kontribusi sebesar 14% terhadap perilaku cyberbullying sedangkan 86% merupakan kontribusi variabel lain diluar penelitian. Kata kunci: Kematangan Emosi dan Cyberbullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:09
Last Modified: 07 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item