HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

SAFITRI, AYU WULAN (2020) HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan bertanya peserta didik. Dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 tentu sudah menggunakan pendekatan saintifik, di dalam pendekatan saintifik memuat beberapa tahapan salah satunya yaitu bertanya. Dalam pembelajaran ini guru bisa terbuka tetrhadap peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat bertanya mengenai materi yang belum mereka pahami, dan guru mampu memberikan stimulus agar peserta didik juga berani memunculkan pertanyaan atau tanggapan dalam sebuah pembelajaran. Tujuana dari penulisan aartikel ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan bertanya peserta didik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik angket berupa skala likert, berupa pernyataan-pernyataan yang diamabil dari indikator-indikator yang ada di setiap variabel. Selanjutnya, dalam penggolahan datanya peneliti menggunakan rumus korelasi PPMC (person product moment corellation) yang kemudian peneliti analisis menggunakan aplikasi spss tipe 23. Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini tidak ada hubungan yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan bertanya peserta didikkelas VIII di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS tipe 23 menggunakan rumus uji korelasi product moment, dapat diketahui t hitung 0,638 lebih kecil dari t tabel (2,064) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,135 > 0,05 , yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan. Kata Kunci: pendekatan saintifik, kemampuan bertanya, peserta didik, mata pelajaraan PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:19
Last Modified: 12 Apr 2021 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19416

Actions (login required)

View Item View Item