PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD

Mualimah, Shinfi (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia dan hewan serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang cenderung abstrak serta kurangnya media pembelajaran yang dapat dimanfaatan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan pemahaman siswa rendah dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Adanya pengembangan multimedia interaktif ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tahapannya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, adn Evaluation.Berdasarkan kelima tahapan tersebut pengembangan multimedia interaktif memperoleh hasil penelitian antara lain: (1) Kelayakan multimedia interaktif diperoleh dari hasil validasi 5 validator memperoleh hasil rata-rata sebesar 0,85 dengan kategori “sangat valid”. (2) Kepraktisan multimedia interaktif memperoleh presentase sebesar 97% dengan kategori “sangat baik” dari respon guru dan respon siswa memperoleh presentase sebesar 97% dengan kategori “sangat baik” (3) Keefektifan dihitung dengan Uji Gain sebesar 0,68 yang menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut multimedia interaktf dapat dikatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pencernaan pada manusia dan hewan kelas V SDN 02 Brabo. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Sistem Pencernaan pada manusia dan hewan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:18
Last Modified: 12 Apr 2021 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item