PENGEMBANGAN BUKU MEMBACA PERMULAAN BERBASIS METODE GLOBAL SEBAGAI BUKU PENDAMPING GURU KELAS I SEKOLAH DASAR

Aula Setyowati, Nur (2020) PENGEMBANGAN BUKU MEMBACA PERMULAAN BERBASIS METODE GLOBAL SEBAGAI BUKU PENDAMPING GURU KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (822kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

Penelitian berfokus kepada pengembangan sebuah buku pedoman sebagai pendamping buku guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Kurangnya ketersediaan buku pendamping membuat guru kualahan mengajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan buku memebaca permulaan berbasis metode global serta untuk mengetahui kelayakan buku membaca permulaan berbasis metode global sebagai buku pendamping guru kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan oleh penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, vaidasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Muktiharjo Lor, SDN 02 Tlogoharum dan MI Yayasan Silahul Ulum. Pada tahap uji validasi diperoleh hasil 0,78333 dengan kategori Valid. Pada tahap respon guru dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 84,6% dengan kategori sangat baik. pada tahap respon siswa dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 79% dengan kategori baik dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 menunjukkan Produk buku efektif digunakan dalam pembeljaran. Kata kunci : Lancar membaca (metode global), buku pendamping, kelas I sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:08
Last Modified: 12 Apr 2021 03:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item