PENGEMBANGAN MEDIA “VOCAB BOARD” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN (MMP) SISWA KELAS I SDN KEDALINGAN 02

Azizatul ‘Uula, Luthfiana (2020) PENGEMBANGAN MEDIA “VOCAB BOARD” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN (MMP) SISWA KELAS I SDN KEDALINGAN 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari media “vocab board” dalam meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaan. Media “vocab board” materi membaca menulis permulaan di Indonesia dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan media “vocab board” menggunakan model Three D yaitu define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Develop (pengemabangan). Berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari 3 ahli diperoleh rata-rata skor 47 dan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) hasil dari uji skala kecil mendapatkan respon guru diperoleh persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil respon siswa diperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”. (3) uji keefektifan terhadap peningkatan membaca menulis permulaan di peroleh keefektifan 0,5 yang termasuk dalam kriteria. “N-gain sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan media “vocab board” dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai pendamping pada pembelajaran. Kata kunci: Media “vocab board”, media pembelajaran, tematik Integrated.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:55
Last Modified: 09 Apr 2021 07:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item