PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “SMART FRACTION” BERBASIS PROYEK PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDI DARUL HUDA

Adlimah, Nely Syarifatal (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “SMART FRACTION” BERBASIS PROYEK PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (769kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada materi pecahan kelas III. Pelaksanaan pembelajaran hanya memanfaatkan buku paket yang kurang melibatkan siswa secara aktif berdampak pada kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi pecahan. Padahal, siswa membutuhkan bahan ajar yang memuat lembar kerja dimana siswa dapat terlibat aktif dalam penemuan konsep berdasarkan pengalamannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar yang layak, praktis serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D), dengan prosedur ADDIE meliputi lima tahapan analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar memperoleh skor rata-rata 69 dengan persentase 92% dan termasuk dalam kriteria layak. Hasil respon guru memperoleh skor 45 dengan persentase 90%, sedangkan skor rata-rata respon siswa 46 dengan persentase 93% sehingga dinyatakan sebagai bahan ajar yang praktis. Nilai rata-rata siswa meningkat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji gain sebesar 0,52 menunjukkan bahan ajar “Smart Fraction” berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan kriteria sedang. Kata Kunci: bahan ajar, berbasis proyek, pemahaman konsep, pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:16
Last Modified: 26 Mar 2021 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item View Item