THE USE OF ROLE PLAY TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research on the 11th Grade Students of MAN Demak in the Academic Year 2019/2020)

Saputro, Ersan Adi (2019) THE USE OF ROLE PLAY TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research on the 11th Grade Students of MAN Demak in the Academic Year 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah benar atau tidak role play efektif untuk meningkatkan keterampilan kelas sebelas dalam berbicara. Penelitian ini dikategorikan sebagai percobaan kuasi penelitian dengan dua kelompok: kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Subyek dari penelitian ini adalah 64 siswa yang diambil dari dua kelas, XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimental dan XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Validasi penelitian ini menggunakan validitas konten dengan meminta guru bahasa Inggris dan dosen untuk menjadi ahli penilaian untuk memvalidasi item tes dengan menggunakan rubrik berbicara tentang tes untuk validitas konten. Penelitian ini juga menggunakan keandalan antar-penguji dalam memberikan nilai kepada siswa dan untuk mengukur keandalan tes. Penelitian ini menggunakan SPSS dalam menganalisis data yang dihitung dengan menggunakan rumus korelasi peringkat Spearman. Sementara data dikumpulkan dengan menggunakan tes berbicara melalui beberapa kegiatan. Kegiatannya adalah pra-tes, pemberian bahan ajar, dan pasca-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara keterampilan berbicara kelas sebelas yang diajarkan dengan menggunakan role play dan yang tidak diajarkan dengan menggunakan role play adalah signifikan. Hal ini dapat dilihat dalam hasil dpari hipotesis pengujian melalui T-Test independen. Nilai signifikansi lebih rendah dari tingkat signifikansi 0.05 (0.001<0.05), yang berarti bahwa data penelitian ini dianggap memiliki perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, hipotesis studi ini diterima. Ini berarti bahwa penggunaan role play efektif buat keterampilan berbicara kelas sebelas dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Kata kunci: Berbiacara; Main peran; Pengajaran berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:28
Last Modified: 13 Feb 2020 05:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item