Rosalina, Risma (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG DI PT POS INDONESIA CABANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (942kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (106kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (323kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (192kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (220kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
Abstract
Perusahaan pengiriman barang bersaing dalam memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik sehingga pengguna jasa mereka merasa puas dan tidak terugikan. Namun, masih banyak dijumpai perusahaan jasa pengiriman barang yang pada pengirimannya mengalami kerusakan, kehilangan dan keterlambatan. Dengan adanya banyak permasalahan pada perusahaan jasa pengiriman barang mengakibatkan kerugian terhadap pengguna jasa tersebut dan meminta pertanggungjawaban pada perusahaan jasa yang digunakanya. Berbagai macam Permasalahan sering terjadi pada PT Pos Indonesia Cabang Semarang yang mana pada perusahaan tersebut harus memberi jaminan dan tanggung jawab jika suatu saat hal seperti itu terjadi. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini terdiri 3 permasalahan, yang pertama bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa pengiriman barang pada PT Pos Indonesia Cabang Semarang, kedua Bagaimana bentuk pertanggungjawaban PT Pos Indonesia Cabang Semarang dalam menangani masalah kerugian yang dialami konsumen PT Pos Indonesia Cabang Semarang, dan ketiga Apa yang menjadi hambatan dan bagaimana solusi dari PT Pos Indonesia Cabang Semarang dalam menangani masalah Perlindungan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis sosiologis.Dalam menunjang dan melengkapi data sekunder maka dilakukan penelitian lapangan guna memperoleh data primer.Data primer diperoleh dari wawancara.Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa1). Perlindungan Hukum bagi konsumen pengguna jasa pengiriman barang di PT Pos Indonesia cabang Semarang yaitu dengan memberikan jaminan dan asuransi sesuai harga barang yang mengalami kerusakan , kehilangan dan keterlambatan. 2). Bentuk pertanggungjawaban PT Pos Indonesia Cabang Semarang kepada pelanggan yaitu dengan memberi ganti rugi sesuai dengan syarat standar yang telah disepakati sebelum pengiriman yang telah ditetapkan oleh PT Pos Indonesia Cabang Semarang yaitu berupa Ganti rugi standar perusahaan terhadap surat dan paket yang tidak membayar bea jaminan ganti rugi dan Ganti rugi dengan Nilai jaminan ganti rugi terhadap surat dan paket dapat diberikan ganti rugi3). Hambatan yang terjadi yaitu sering terjadinya kerusakan diakibatkan oleh faktor perjalanan oleh armada yang mana dalam perjanjian medan yang dilalui menyebabkan terjadinya kerusakan barang, faktor kesalahan seperti processing salah alamat, alamat tidak lengkap, penerima tidak berada di tempat yang menyebabkan keterlambatan barang sampai ke tujuan serta faktor bencana alam dan kecelakaan dan solusinya yaitu dengan meningkatkan dan memperbaiki pelayanan serta memperbaiki sistem yang ada dengan mengurangi kesaalahan dalam penanganan. kata kunci: Perlindungan Hukum, Jasa Pengiriman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 05:54 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 05:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15700 |
Actions (login required)
View Item |