FARIS ZULFIKAR, MOH (2018) Tinjauan Kinerja Ruas Jalan Pantura Demak Depan Pasar Sayung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (957kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (110kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (76kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Demak merupakan salah satu kota yang dilalui olah jalan pantura. Salah satu segmen Jalan pantura yang sering macet adalah di kawasan Pasar Sayung Demak, hal ini terjadi karena banyaknya pedagang yang berdagang di lajur tepi jalan hingga bahu jalan. Selain itu banyaknya kendaraan dan angkutan umum yang parkir di bahu jalan semakin memperparah kondisi jalan terlebih pada waktu sibuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja ruas jalan yang ditinjau meliputi kapasitas jalan, derajat kejenuhan, hambatan samping, kecepatan dan waktu tempuh rata-rata di ruas jalan Pantura Demak. Lokasi penelitian ini sepanjang jalan Pantura Demak. Untuk menganalisa kapasitas jalan, derajat kejenuhan, hambatan samping, kecepatan dan waktu tempuh rata-rata dalam penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Hasil pengolahan data diperoleh untuk volume tertinggi saat jam puncak pada hari rabu (hari Kerja) pukul 07.00-08.00 WIB, dengan arus puncak harian sebesar 6446.4 SMP/jam, tingginya nilai bobot hambatan samping, sebesar 788 (temasuk tinggi, kelas hambatan samping > 350), kapasitas jalan yang hampir tidak dapat menampung arus lalu lintas, sebesar 7327,008 SMP/jam, nilai DS2018 yang jenuh mendekati nilai 1, sebesar 0,87. Nilai ini tidak sesuai dengan syarat pada MKJI 1997, yaitu < 0,75. Dan berdasarkan hasil prediksi kinerja ruas, pada tahun 2020 ruas jalan pantura Demak diperkirakan akan lebih melampaui batas titik jenuh yang ditetapkan MKJI 1997. Hal tersebut membuat kinerja jalan kurang maksimal maka solusinya dengah mengelola jaringan jalan untuk mengoptimalkan kembali fungsi jalan dengan cara menertibkan kendaraan-kendaraan yang melanggar rambu dan pedagang-pedagang liar yang menempati trotoar atau badan jalan di depan area pintu masuk pasar Kata Kunci : Kinerja ruas jalan, Kapasitas jalan, Hambatan samping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 06:32 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 06:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14462 |
Actions (login required)
View Item |