MAGHFIROH, ZUNI ASLAMI (2019) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILLENIAL (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga Tahun Ajaran 2018 / 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (83kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (112kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (310kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (936kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (433kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan perkembangan tekhnologi di Era Millenial, media internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan komunikasi. Salah satunya melalui dunia pendidikan, jaringan internet memenuhi kapasitas yang dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Pemanfaatan Media Internet sebagai sumber pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Millenial (Studi Kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga). Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terhadap media internet sebagai sumber pembelajaran melalui visiting internet. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : pertama, melalui pemanfaatan internet peserta didik dan guru dapat belajar; mandiri, berkomunikasi, bertukar informasi dan berdiskusi secara berkelanjutan. Peserta didik dapat belajar di manapun dan kapanpun sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik. Peserta didik tentu tetap dalam pengawasan serta bimbingan dari guru agar dapat menemukan sumber belajar yang relevan dan sesuai dengan yang diharapkan. Guru dapat merancang sendiri atau berkolaborasi dengan para ahli untuk menarik minat belajar peserta didik. Dengan memanfaatkan internet, pola pikir peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dapat dilakukan secara optimal, sehingga dampak positif dari adanya media internet akan lebih besar lagi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah. Maka harapannya,pemanfaatan media internet sebagai sumber pembelajaran dapat membentuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Kata Kunci : Sumber Belajar,Pemanfaatan, Media Internet, Peserta Didik, Millenial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:30 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14327 |
Actions (login required)
View Item |