PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC SISWA KELAS V SD N 1 SAWANGAN

Aini, Myla Shilkha (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC SISWA KELAS V SD N 1 SAWANGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Bahasa Indonesia yang dinilai masih kurang di kelas V SD N 1 Sawangan dengan menggunakan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) . Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SD N 1 Sawangan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 68% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 96% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 58% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 81% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas V SD N 1 Sawangan. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:21
Last Modified: 05 Oct 2018 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item View Item