Listyowati, Yuni (2015) THE EFFECTIVENESS OF CONSTRUCTIVISM LEARNING METHOD TO TEACH READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXTS (An Experimental Research in the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 1 Karangtengah Demak in the Academic Year of 2014-2015 ). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI_1abstrak.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1abstrak.pdf

| Preview Download (8kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1cover.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1cover.pdf

| Preview Download (47kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1daftar isi.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf

| Preview Download (308kB)

Abstract

Listyowati, Yuni. 182100305. Efektifitas Metode Pembelajaran Konstruktivisme
untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa (Kasus Kelas XI di SMA
Negeri Karangtengah Demak Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi. Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Pembimbing: Benny Krisbiantoro, SPd., M.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan keefektifan dari
pendekatan konstraktivisme dalam peningkatan pemahaman siswa membaca
siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak tahun ajaran 2014-2015.
Penelitian ini dibatasi hanya pada teks naratif dalam penggunaan pendekatan
konstruktivismeuntuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Populasi dari
penelitian ini adalah kelas 8 SMA Negeri 1 Karangtengah Demak tahun ajaran
2014/2015.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan desain eksperimen semu.
Jumlah dari sampel adalah 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelas XI
IPA1 sebagai control group dan XI IPA2 sebagai experimental group. Instrumen
penelitian ini adalah tes. Jenis tesnya adalah pilihan ganda.
Empat langkah telah dilakukan dalam pelaksanaan penelitian. Pertama,
tryout diberikan di kelas XI IPA3 untuk menguji validitas dan reliability dari
pertanyaan yang akan diberikan dalam pre-test. Kedua, pre-test diberikan di
control group dan experimental group. Ketiga, treatment diberikan di
experimental group. Experimental group diajar text narratif dengan menggunakan
pendekatan konstruktivisme sedangkan control group diajar dengan metode
konvensional. Langkah terakhir adalah post-test. Post test di berikan kepada kedua
kelompok. Setelah mendapatkan hasil, penelitian menggunakan program SPSS 16
untuk menganalisis data.
Hasil dari data menunjukkan nilai rata-rata pre-test control group adalah
66.27 dan experimental group 67.27. sedangkan dalam post test terdapat
perbedaan rata-rata. Hasil data menunjukkan nilai rata-rata post test control group
73.03 dan experimental group 78.48. Data tersebut didukung dengan hasi T-test
yang menunjukkan sig (2-tailed) 0.00 < 0.05. hal itu berarti ada perbedaan yang
signifikan terhadap hasil test akhir dari control group yang diajar dengan metode
konvensional dan experimental group yang diajar dengan pendekatan
konstraktivisme.

Kata Kunci: Membaca, Pendekatan Konstruktivisme

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:37
Last Modified: 26 Aug 2015 04:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item