Sofyarini, Fitri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGAMATAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTBOND STUDY DI KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK_1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

| Preview Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

| Preview Download (100kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (80kB)
[thumbnail of 2. Bab I.pdf]
Preview
Text
2. Bab I.pdf

| Preview Download (97kB)
[thumbnail of 3. Bab II.pdf] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (277kB)
[thumbnail of 4. Bab III.pdf] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (391kB)
[thumbnail of 5. Bab IV.pdf] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (373kB)
[thumbnail of 6. Bab V.pdf] Text
6. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

| Preview Download (9kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan pengamatan dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA Masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM yaitu 70, dengan presentase ketuntasan 66,27% dari 32 siswa. Selain itu juga pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan. Sehingga masih perlu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal salahM satunya dengan menggunakan model pembelajaran inovatif.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pengamatan dan Prestasi Belajar IPA Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Outbond Study di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Nurul Qur’an yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya Peningkatan Keterampilan pengamatan yang ditunjukkan dengan peningkatan berupa aspek psikomotorik dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh dengan presentase 62% rata-rata 2,5 dengan kriteria baik. Pada siklus II diperoleh dengan presentase 85% dengan rata-rata 3,4 dengan kriteria sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 78,75% dengan kategori baik. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 90,6% dengan kategori sangat baik. Model pembelajaran outbond study dapat meningkatkan keterampilan pengamatan dan prestasi siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 4.

Kata kunci : keterampilan pengamatan, prestasi belajar, model pembelaran outbond study

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:17
Last Modified: 15 Jan 2018 07:17
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9380

Actions (login required)

View Item View Item