Satria, Fazul Fajar (2017) PERAN KELURAHAN NONGKOSAWIT DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf

| Preview Download (756kB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

| Preview Download (119kB)
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (100kB)
[thumbnail of 4 BAB I.pdf]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

| Preview Download (206kB)
[thumbnail of 5 BAB II.pdf] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (301kB)
[thumbnail of 6 BAB III.pdf] Text
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (237kB)
[thumbnail of 7 BAB IV.pdf] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (97kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (93kB)

Abstract

Efektifitas pelayanan terhadap masyarakat menjadi perhatian semua instansi pemerintahan, hal tersebut juga terjadi di Kelurahan Nongkosawit dalam memberikan pelayanan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Peranan Kelurahan Nongkosawit dalam Melaksanakan Pelayanan Masyarakat Sebagai Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Dalam penelitian ini penulis mengangkat permasalahan mengenai bagaimana pelayanan publik berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009, bagaimana pelayanan publik yang ada di kelurahan Nongkosawit, serta bagaimana peran kelurahan Nongkosawit dalam melayani masyarakat sebagai implementasi Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian langsung di kelurahan Nongkosawit . Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan data skunder, dan analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini melakukan wawancara di Kantor Kelurahan Nongkosawit dengan Bapak Al Choiri selaku Lurah di sana.
Dari hasil penelitian ini didapat bahwa Dalam melaksanakan pelayanan publik setiap aparatur pemerintahan harus memperhatikan asas-asas umum pemerintahan yang baik, yaitu: Asas Kepastian Hukum, Asas Kemanfaatan, Asas ketidakberpihakan, Asas Keterbukaan, Asas kecermatan, Asas Tidak Menyalahgunakan Kewenangan, Asas Kepentingan Umum, Asas Pelayanan Yang Baik. Pelayanan publik di Kelurahan Nongkosawit mencakup tiga jenis pelayanan. Adapun tiga jenis pelayanan tersebut yaitu: Pelayanan Jasa, Pelayanan Barang, dan Pelayanan Administratif. Selanjutnya, peran kelurahan Nongkosawit dalam menerapkan Undang-undang Pelayanan publik yaitu dengan secara jelas memberantas pungutan liar, menerapkan standar pelayanan, menindaklanjuti secara cepat keluhan masyarakat dan memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai pelayanan publik secara efektif melalui musyawarah langsung dengan masyarakat. Diharapkan kedepannya kelurahan Nongkosawit dapat lebih meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat demi terpenuhinya hak-hak dari masyarakat di kelurahan tersebut.

Kata Kunci: Peran Kelurahan, Pelayanan Publik, Masyarakat

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item