Rini, Dyah Puspita (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN AUDIOVISUAL KELAS IV SD NEGERI 1 KALISARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

| Preview Download (172kB)
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

| Preview Download (769kB)
[thumbnail of 3.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (189kB)
[thumbnail of PUBLIKASI_1.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

| Preview Download (188kB)
[thumbnail of 4.BAB I.pdf]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

| Preview Download (189kB)
[thumbnail of 5.BAB II.pdf] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (316kB)
[thumbnail of 6.BAB III.pdf] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (459kB)
[thumbnail of 8.BAB V.pdf] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (176kB)
[thumbnail of 9.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (174kB)
[thumbnail of 7.BAB IV.pdf] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (515kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalisari yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan Tanggung jawab siswa yang ditujukan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor sebanyak 1031 dengan presentase 60,29% dan pada pertemuan ke dua memperoleh skor 1121 dengan presentase 66,72% dengan kriteria tanggung jawab siswa baik. Pada siklus ke II pertemuan pertama memperoleh skor sebanyak 1314 dengan presentase 78,21% dan pertemuan kedua 1455 dengan presentase 86,60% dengan kriteria tanggung jawab siswa sangat baik. Adanya peningkatan Nilai Belajar pada setiap siklus. Pada siklus I dengan nilai rata – rata 68,1 dan presentase ketuntasan 53% Pada siklus II dengan nilai rata – rata 79 dan presentase ketuntasan 86,6% . Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Make a Match berbantuan Audiovisual dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA dikelas IV SD Negeri 1 Kalisari.

Kata kunci :Tanggung jawab, Nilai belajar, Make a Match

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9365

Actions (login required)

View Item View Item