Arumsah, Bunga (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI KALISARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Preview |
Text
2. ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf |
Preview |
Text
1. cover.pdf |
Preview |
Text
PUBLIKASI.pdf |
Preview |
Text
4. BAB I.pdf |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini dikarenakan rendahnya kreativitas belajar dan pemahaman konsep Matematika siswa yang disebabkan siswa cenderung diam dan tidak berani bertanya ketika tidak paham dengan materi yang disampaikan oleh guru, selain itu siswa juga tidak berani mengemukakan pendapatnya ketika guru memberikan pertanyaan, selain hal tersebut nilai belajar siswa juga masih rendah hal tersebut disebabkan karena pemahaman konsep siswa yang masih rendah. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas belajar dan pemahaman konsep Matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep Matematika siswa melalui model Problem Based Learning di SD Negeri Kalisari 1 Sayung.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapaan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri Kalisari 1 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes yang meliputi lembar evaluasi, angket, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa.Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukkan dengan meningkatnya kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan jumlah skor 1.807 dengan presentase 68,84%, Sedangkan pada siklus II kreativitas belajar siswa meningkat dengan jumlah skor 2.100 dengan presentase 80% dengan kriteria kreativitas siswa sangat baik. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep Matematika siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,17 dan ketuntasan belajar 71,43%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 76,36 dan ketuntasan belajar siswa 85,71%.Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep Matematika siswa di SD Negeri Kalisari 1 Sayung.
Kata Kunci : Kreativitas, Pemahaman Konsep Matematika, Model Problem Based Learning
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 05:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 05:49 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |