KRISNAWATI, DIAH (2015) THE EFFECTIVENESS OF SCAFFOLDING AS A TEACHING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT ACHIEVEMENT (A Case of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
Preview |
Text
COVER.pdf |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
2. TABLE OF CONTENTS.pdf |
Abstract
Krisnawati, Diah. 2015. “The Effectiveness of Scaffolding as a Teaching
Technique to Improve Students’ Writing Recount Text Achievement (A
Case of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in
Academic Year 2014/2015)”. The advisor: Hartono, S.S., M.Pd. A Final
Project, English Education Department, Sultan Agung Islamic
University, 2015.
Studi ini adalah tentang metode mengajar teks recount dengan
menggunakan tehnik pembelajaran Scaffolding untuk siswa kelas X SMA Islam
Sultan Agung 1 Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan apakah
tehnik pembelajaran Scaffolding efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks recount.
Studi ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental dengan
subyek siswa-siswi kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran
2014/2015 dan sample studinya adalah kelas X IIS 1 sebagai kelompok kontrol
(35) dan X IIS 2 (33) sebagai kelompok eksperimen. Dalam pengolahan data,
penulis menggunakan lima elemen penilaian kemampuan menulis dan itu
digunakan sebanyak dua kali, dalam pre-test dan post-test. Kemudian penulis
menganalisis data tersebut menggunakan SPSS untuk windows versi 16.00.
Dari hasil analisis, diketahui bahwa sebelum kegiatan belajar mengajar,
kemampuan kedua kelompok hampir sama, tetapi setelah mendapat teknik
pembelajaran yang berbeda, hasil post-test dari kelompok eksperimen lebih baik
dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis statistik, dapat
dilihat bahwa nilai t-test lebih tinggi dibandaing nilai t-table (6.500 > 1.997) dan
sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tehnik
pembelajaran Scaffolding efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks recount.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 03:53 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 03:53 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |