AMRI, SYAIFUL (2015) MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
skripsi_1ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
skripsi_1COVER.pdf |
Preview |
Text
skripsi_1DAFTAR ISI.pdf |
Abstract
Syaiful Amri, Minat Peserta didik Terhadap Pembelajaran Al-Qur‟an (Studi
Kasus Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Ngemplak
Mrangen Demak Tahun 2014/2015). Jurusan Tarbiyah. Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Dosen pembimbing drs. Ahmad Rohani, HM, M.Pd.
Kata Kunci : Minat, Pembelajaran al-Qur’an
Dalam penelitian ini, penulis mengambil rumusan masalah
“Bagaimana minat peserta didik terhadap pembelajaran al -Qur‟an (studi
kasus peserta didik di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak
tahun 2014/2015).” Adapun tujuannya adalah Untuk mendeskripsikan minat
peserta didik terhadap pembelajaran al-Qur‟an (studi kasus peserta didik di
MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun 2014/2015).
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk
deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak yang berjumlah 464
siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik simple random sampling.
Penelitian ini menggunakan satu variable yaitu minat peserta didik terhadap
pembelajaran al-qur‟an. Indikator minat yang penulis maksud adalah
penerimaan yang meliputi kesadaran, keinginan menerima, perhatian
terkontrol, Reaksi, meliputi: persetujuan, keinginan merespon, kepuasan
merespon, serta penilaian, meliputi: menerima nilai, memilih nilai. Data
penelitian diperoleh melalui skala likert, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus kai
kuadarat satu jalur.
Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu.
Dalam hal ini adalah minat peserta didik terhadap pembelajaran al-Qur‟an.
Pembelajaran al-Qur‟an adalah suatu proses kegiatan yang memungkinkan
guru dapat mengajarkan al-Qur‟an dan siswa menerima materi pelajaran al Qur‟an
secara sistematis dan saling memberikan pengaruh dalam kegi atan
belajar mengajar untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Dalam
penelitian ini penulis mengambil hipotesis “Adanya minat peserta didik
yang tinggi terhadap pembelajaran al-Qur‟an”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya minat peserta didik
yang tinggi terhadap pembelajaran al-Qur‟an di MTs Miftahul Ulum
Ngemplak Mranggen Demak tahun 2014/2015. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan analisis kai kuadrat satu jalur pada taraf signifikansi 5% adalah
7,81. Sedangkan nilai harga kai kuadrat satu jalur adalah 10,4. Jadi, Ho
ditolak, H
diterima.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:33 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:33 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |