Firmansyah, Syahrul (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP ISLAM AL – AZHAR 23 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
152111695_1cover.pdf |
Preview |
Text
152111695_1daftar isi.pdf |
Preview |
Text
152111695_1abstrak.pdf |
Abstract
Syahrul, Firmansyah, 152111695, 2015 ”Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Audio Visual Film Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX Di SMP Islam Al – Azhar 23
Semarang”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama
Islam, Universitas Islam Sultan Agung. Dosen Pembimbing : Drs. M.
Muhtar Arifin S, M.Lib
Pembelajaranmenggunakan media Audio Visual
dapatdigunakanuntukmembantupenyampaianinformasi yang
sangatsulitdijelaskanmelaluilisandalammenampilkankonsepkonsepsuatuhal.Fakta-fakta
yang dapatdiamati,
danproseduruntukmenguasaikompetensi yang harus yang harusdikuasaiolehsiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendiskripsikan Penggunaan
Media pembelajaran audio visual “film” kelas IX pada mata belajar PAI di SMP
Islam Al-Azhar 23 Semarang 2) Untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa
kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang 3) Untuk
mendiskripsikan ada tidaknya pengaruh Penggunaan Media pembelajaran audio
visual “film” terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP
Islam Al-Azhar 23 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Field research adalah penelitian yang dilakukan oleh di medan
lapangan, tempat terjadinya gejala – gejala yang di selidiki. Tempat penelitian ini
adalah di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan cara metode angket, interview, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh media pembelajaran audio
visual film terhadap motivasi belajar siswa di SMP Islam Al – Azhar 23
Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil data – data yang
diolah menggunakan rumus uji – t yang menunjukkan hasil perhitungan t yaitu
sebesar 9,918 yang menunjukkan pengaruh yang positif. Sedangkan nilai
koefisien nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai sebesar 2,074
dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,819 yang artinya lebih kecil dibandingkan
nilai t hitung. Dari perhitungan di atas dapat diketahui nilai t hitung lebih besar
dari nilai t tabel pada taraf 5% maupun 1%, maka Ha diterima dan Ho ditolak
yang artinya ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran audio
visual film terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di
SMP Islam Al- Azhar 23 Semarang.
Kata kunci : Media pembelajaran, film, motivasi belajar, Siswa SMP
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:32 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |