MUBAROK, SULTON SALAFI (2015) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
7. ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
8. Dartar Isi.pdf |
Preview |
Text
1. JUDUL.pdf |
Abstract
Pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi paedagogik guru
PAI di MTs an-Nidham Kalisari Sayung Demak.
Pengalaman mengajar (X) yang dimaksud adalah seperangkat
pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan norma-norma yang diperoleh guru
dari tiga hal, pertama diperoleh dari jenjang pendidikan, kedua diperoleh dari
pelatihan pendidikan/penataran dan ketiga diperoleh dari lama mengajar.
Kompetensi paedagogik (Y) yang meliputi pemahaman wawasan atau
landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan
kurikulum/silabus, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis,
pelaksanaan dan pemanfaatan evaluasi hasil belajar (EHB), dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimilikinya.
Tujuan penelitian yang diajukan peneliti adalah (1) untuk mengetehui
bagaimana penglaman mengajar guru pai di MTs An-Nidham Kalisari
Sayung Demak. (2) untuk mengetahui bagaimana kompetensi paedagogik
guru pai di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak. (3) untuk mengetahuhi
pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap kemampuan mengajarr guru
pai di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak
Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian lapangan (field
research), yaitu untuk memperoleh data yang konkret tentang masalah yang
akan diteliti, peneliti langsung mengadakan penelitian di MTs An-Nidham
Kalisari Sayung Demak. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat ex post facto,
karena penelitian ini dilaksanakan dengan mendeskripsikan situasi sekarang
yang datanya berupa angka-angka, kemudian dicari hubungan dengan faktorfaktor
yang
telah
terjadi
sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama tingkat pengalaman
mengajar guru PAI di MTs An- Nidham Kalisari Sayung Demak tergolong
baik, dengan prosentase sebesar 66,7%. Kedua tingkat kompetensi
paedagogik guru PAI di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak tergolong
cukup baik dengan prosentase sebesar 55,6%. Ketiga, guna mengetahui
pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y peneliti menggunakan
korelasi statistik uji t. Hasil analisis yang diperoleh adalah sebesar 31,474 %,
maka dengan hasil tersebut Ha dinyatakan diterima atau ada pengaruh yang
signifikan, baik pada taraf signifikansi 5% 2,306 maupun 1% 3,355. Dari
analisis tersebut menunjukan bahwa penglaman mengajar berpengaruh positif
terhadap kemapuan mengajar guru PAI di MTs An-Nidham Kalisari Sayung
Demak.
Saran, khususnya bagi guru untuk lebih mengembangkan diri atau
bersikap inovatif ketika dalam proses pembelajaran dan untuk selalu berupaya
meningkatkan kemampuan dan kecakapan yang berkaitan erat dengan
kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini mutlak
diperlukan agar hasil yang dicapai lebih baik lagi.
Kata kunci : Penglaman mengajar, Kompetensi Paedagogik, PAI.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:32 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |